blog-img
23-08-2020

Objek Dokumen Dan Window Browser Dalam JavaScript

Kennedi Riado Nadeak | Pemrograman

Javascript digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi di lingkungan browser web. Sesuai dengan tujuannya, maka Javascript dapat mengenali objek-objek yang ada dalam browser web. Browser web dalam secara umum adalah sebuah window yang digunakan untuk menampilkan halaman web yang diakses dari sebuah server. seperti halnya window-window aplikasi, maka kita bisa melihat sebuah window browser adalah sebuah objek yang memiliki banyak komponen yang menyusun sebuah window.

Window Browser memiliki komponen objek utama :

  • document
  • frame
  • location
  • history

Selain objek yang berhubungan langsung dengan window browser (menjadi bagian dari window browser), Javascript memiliki objek tambahan yang disebut dengan objek navigator.

Kali ini kita akan membahas komponen-komponen utama tersebut.

Document
document adalah objek utama dalam browser web, berupa data dan informasi yang ditampilkan dalam browser web. Object document memiliki objek-objek lain, yaitu :

Layer
Objek layer adalah objek yang digunakan untuk mendefenisikan layer data dalam halaman, data dokumen dalam suatu dokumen web dapat dikelompokkan dalam layer-layer.

Link
Objek link adalah objek dalam dokumen berupa link yang dinyatakan dengan tag dengan attribut yang digunakan href.

Anchors
Objek anchors adalah objek berupa tag dengan attribut yang digunakan adalah name. link dan anchors menggunakan tag yang sama, yang membedakannya terletak pada attributnya saja. Anchors merupakan link yang bersifat internal, untuk memudahkan pergerakan dalam satu halaman web saja.

Images
Objek images adalah objek dalam dokumen berupa gambar-gambar dalam halaman web yang dinyatakan dengan tag

Applets
Applets adalah objek berupa aplikasi yang disisipkan kedalam suatu halaman web, yang dikembangkan dengan menggunakan Java. Objek ini berhubungan dengan elemen HTML yang menggunakan tag. Tag ini sudah digunakan lagi pada versi HTML terbaru.

Form
Objek form memiliki objek lagi didalamnya, berupa elemen input yang terdiri atas:

  • Textarea
    Objek textarea adalah objek dalam form untuk menerima input dari pengguna berupa data teks yang besar.
  • Text
    Objek text adalah objek dalam form yang digunakan untuk menerima input dengan jumlah atau panjang data yang terbatas; input dapat berupa string maupun numerik.
  • FileUpload
    Objek fileupload adalah objek dalam form yang digunakan untuk menerima data dalam bentuk file.
  • Password
    Objek password adalah objek dalam form yang digunakan untuk menerima input berupa password, input yang dimasukkan tidak akan ditampilkan, tetapi akan ditampilkan dengan karakter noktah.
  • Hidden
    Objek hidden adalah objek berupa data input dalam form berupa konstanta yang tidak ditampilkan dalam form dihalaman web.
  • Submit
    Objek submit adalah objek berupa tombol yang digunakan untuk melakukan pengiriman data yang ada pada form dalam halaman web ke server web.
  • Reset
    Objek reset adalah objek objek berupa tombol yang digunakan untuk melakukan reset, mengembalikan nilai awal atau default dari setiap elemen input dalam form. Secara default adalah mengosongkan data dalam form, jika tidak ada nilai default dalam form tersebut.
  • Radio
    Objek radio adalah objek input dalam form yang digunakan untuk memungkinkan pengguna hanya memilih satu pilihan dari daftar pilihat yang disediakan.
  • Checkbox
    Objek radio adalah objek input dalam form yang digunakan untuk memungkinkan pengguna bisa memilih lebih dari satu pilihan input dari daftar pilihan yang disediakan dalam form.
  • Button
    Objek button adalah objek yang digunakan untuk mendefenisikan tombol-tombol dalam form dihalaman web, yang digunakan untuk memberikan suatu aksi pada halaman web, tetapi tidak harus dikirimkan ke dalam server yang ada dalam halaman web-nya.
  • Select
    Objek select memiliki objek lagi didalamnya, yaitu option. Objek option adalah objek berupa daftar pilihan yang bisa dipilih oleh pengguna.

Location
Location adalah objel dari browser web, yang berisi data tentang lokasi dari dokumen yang ditampilkan dalam browser web. Kita dapat memanfaatkan objek location ini untuk mengotomatisasi perubahan dokumen yang akan ditampilkan dalam browser web melalui program Javascript.

History
History adalah objek dari web browser yang menyimpan data dokumen yang pernah ditampilkan dalam browser web dari lokasi (server) mana saja atau URL mana saja.

Frame
Frame adalah objek yang digunakan dalam window browser untuk mendefenisikan halaman atau dokumen web yang ditampilkan dalam browser web, yang memungkinkan browser bisa menampilkan lebih dari satu dokumen web dari berbagai lokasi (URL) dalam satu window.

Objek Navigator
Objek navigator adalah objek tambahan yang digunkan untuk menyimpan informasi tentang browser web, plugin, dan jenis dari dokumen yang dapat ditampilkan dengan menggunakan browser yang sedang digunakan.

Window
window atau browser web sendiri secara khusus dapat diakses oleh Javascript, untuk kepentingan pemrograman diatas browser, seperti kepentingan untuk dapat membuka window baru, karena kita ingin manampilkan informasi pada window lain secara khusus. selain itu kita juga ingin supaya bisa juga menutup window yang dibuka tersebut dengan menggunakan program, bukan menggunakan tombol close(x) yang ada di pojok kanan atas komputer.