blog-img
23-08-2020

Javascript! Berkenalan Dengan Javascript

Kennedi Riado Nadeak | Pemrograman

Javascript merupakan bahasa script, bahasa yang tidak memerlukan kompiler untuk menjalankannya, cukup dengan menggunakan interpreter. Kompiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program (source code) ke dalam bahasa mesin (object code). kompiler menggabungkan keseluruhan bahasa program, mengumpulkannya dan kemudian menyusunnya kembali. Sedangkan interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menerjemahkannya kedalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut atau dalam singkatnya perintah yang ditulis oleh programmer akan dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat pada kode tersebut.

Apa itu JavaScript ?

JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program yang digunakan agar dokumen HTML yang di tampilkan dalam browser menjadi lebih interaktif. Javasript memberikan beberapa fungsionalitas ke dalam halaman web, sehingga dapat menjadi sebuah program yang disajikan dengan menggunakan antarmuka web.

Javascript merupakan bahasa yang sangat populer dan merupakan bahasa tingkat tinggi, yang artinya menggunakan bahasa manusia sebagai bahasa pemrogramannya. Bahasa pemrograman ini dapat bekerja diantara HTML dan CSS, dengan dukungan Objek Oriented. Javascript memiliki virtual dan platform sendiri untuk aplikasi sisi server.

Untuk penggunaanya Javascript tidak membutuhkan lisensi, artinya selama browser kita mendukung Javascript maka kita dapat langsung membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan javascript.

Umumnya program Javascript adalah program yang di tanamkan (disisipkan) ke dalam halaman web. Beberapa sistem operasi menggunakan Javascript untuk membuat aplikasi non-web seperti sistem operasi MS Window, yang menggunakan istilah windows scripting host (WHS), sebagai interpreter Javascript dan VBSript, sehingga program yang dibuat dengan Javascript dan VBScript dapat dijalankan langsung diatas sistem operasi, tanpa harus menggunakan web browser terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada dasarnya web browser adalah interpreter untuk menampilkan dokumen dalam format khusus, yang akan menerjemahkan script berupa tag-tag HTML, sehingga teks yang diberi tag akan ditampilkan sesuai format yang telah di definisikan sesuai dengan definisi tag-nya.

Javascript adalah program dalam bentuk script yang akan dijalankan oleh interpreter yang telah ada pada web browser, sehingga web browser tersebut dapat mengeksekusi program javascript. Javascript disisipkan pada HTML dengan ditandai dengan tag yang diawali dengan <script...> dan diakhiri dengan <script>

jika browser web telah memiliki interpreter javascript, maka program javascript ini akan dijalankan, hasil eksekusi ini umumnya berupa elemen dokumen HTML juga, sehingga hasil dari program yang ditampilkan menjadi satu kesatuan dengan dokumen dengan dokumen HTML yang lainnya.

Dokumen HTML yang mengandung program Javascript didalamnya, yang ditampilkan dalam browser, jika dilihat dengan menggunakan menu View Source Code atau dengan Edit Page Source (dalam browser Netscape), maka yang di tampilkan adalah tetap program javascript, bukan tag-tag HTML seperti yang ditampilkan.