blog-img
14-09-2020

Mengenal Distribusi Linux Ubuntu Mate

Kennedi Riado Nadeak | Sistem Operasi

Halo Linuxer, kali ini mimin akan membahas tentang distribusi linux khususnya Ubuntu MATE. Selain KDE, Xfce, LXDE, dan Ubuntu GNOME, ubuntu juga memiliki turunan lagi yaitu Ubuntu MATE. MATE sendiri adalah desktop environment (DE) yang di kembangkan sejak projek GNOME 2 (DE pertama yang di gunakan Ubuntu) dihentikan. Pada dasarnya Ubuntu MATE merupakan lingkunan desktop turunan dari GNOME 2 yang digunakan untuk ubuntu verse 11.04, sebelum menggunakan antarmuka grafis unity.

Sejarah Ubuntu MATE

Menurut wikipedia proyek ubuntu MATE di kembangkan oleh Martin Wimpress dan Alan Pope  danmulai menjadi turunan resmi dari Ubuntu, setelah rilis pertama Ubuntu 14.10. Pada bulan februari 2015, ubuntu MATE memperoleh status resmi sebagai Ubuntu flavour dari Canonocal Ltd.

Penamaan MATE sendiri diambil sesuai nama tanaman Amerika Selatan yaitu yerba dan teh yang terbuat dari ramuan itu disebut mate. Nama awalnya semua huruf kapital mengikuti nomenklatur lingkungan desktop perangkat lunak lainnya seperti KDE dan LXDE. Nama Awalnya adalah "MATE Advanced Tradisional Environtment" kemudian sebagian besar para komunitas MATE mengadopsinya sebagai perangkat lunak open source. Penggunaan nama baru bukan GNOM, karena menghidari konflik dengan komponen GNOME 3.

Pada bulan April 2015, ubuntu MATE mengumumkan kemitraan dengan reseller komputer Entroware untuk membeli komputer desktop dan laptop dengan ubuntu MATE terinstal dengan dukungan penuh. Beberapa penawaran perangkat keras lainnya diumumkan kemudian

Apa itu Ubuntu META ?

Ubuntu META adalah distro linux desktop yang bertujuan untuk menghadirkan kesederhanaan dan keanggunan sistem operasi ubuntu, melalui lingkungan desktop klasik dan tradisional. Sistem operasi ini sendiri sangat cocok untuk komputer ataupun laptop yang memiliki hardware yang cukup rendah.

System Requiredments

  Minimum Recommended
CPU Pentium M 1.0GHz Core 2 Duo 1.6GHz
CPU Architecture i386 (until 2021) amd64
RAM 1 GB 4 GB
Storage 8 GB 16 GB
Boot Media Bootable DVD-ROM Bootable DVD-ROM or USB Flash Drive
Display 1024 x 768 1440 x 900 or higher (with graphics acceleration

 

 

 

 

Raspberry Pi
Ubuntu MATE sendiri hanya dapat digunakan pada raspberry dengan model B :

  • Raspberry Pi 2
  • Raspberry Pi 3
  • Raspberry Pi3+
  • Raspberry Pi 4(all memory size)

Untuk lebih spesifik lagi kalian dapat mengunjungi situsnya langsung di Ubuntu MATE